Tuesday, March 15, 2016

Tgk H Muhammad Daud Al Yusufi (Abu Dawood di Teupin Gajah), Sosok Ulama Tasawuf di Aceh Selatan

TGK. H. MUHAMMAD DAUD AL YUSUFI (ABU DAWOOD TEUPIN GAJAH)

Tgk H Muhammad Daud Al Yusufi atau Abu Dawood di Teupin Gajah adalah Pimpinan Pondok Pesantren / Dayah Madinatud Diniyah Babussa'adah, Gampong Teupin Gajah, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan.


Sosok ulama tua di Aceh Selatan ini yang juga pernah menjadi ketua MPU (majelis permusyawaratan ulama) Aceh Selatan dalam beberapa periode.

Abu Dawood merupakan salah satu murid tertua dari Abu Tumin Blangbladeh Bireuen.Di usia Abu yang sudah senja sekarang masih aktif memberikan ilmu beliau pada santri-santri dan dewan guru di dayah Babussa'adah yang beliau pimpin. Abu juga sekarang aktif dalam dakwah untuk  mengamalkan  ilmunya di majelis taklim pada di sekitaran Aceh Selatan khususnya dalam wilayah Kluet Raya.




Tgk H Muhammad Daud Al Yusufi


Menelusuri Jejak Hidup Abu Daud di Teupin Gajah (Tgk. H.M.Daud Al Yusufy) Ulama Kharismatik Aceh


Dari Dayah Madinatud Diniyah Babussa'adah yang beliau pimpin sekarang telah banyak melahirkan para ulama-ulama muda yang ada di Aceh, khususnya di Aceh Selatan. Dan mendidik santri-santri dengan ilmu Syari'ah supaya dapat berguna bagi agama nusa dan bangsa. Perlua juga kita ketahui Dayah yang Abu pimpin ini berdiri sekitar 32 tahun yang lalu atau sejak tahun 1984 silam.

Anda yang dari kalangan santri dayah di Aceh pasti sebgian banyak yang mengenal akan anak-anak kandung Abu yang sudah menjadi ulama muda di Aceh, seperti:

1. Tgk. Safruddin Al Yusufi (Abu Cek), pimpinan dayah terpadu di Subulussalam perbatasan Aceh-Sumut.

2. Tgk. H. Mukhlis Al Yusufi (Abu Ngoh), pimpinan dayah santri wanita Babussa'adah. Alumni dari Dayah Blangbladeh.

3. Tgk. Tarmizi Al Yusufi ( Abu Cut), pimpinan Dayah di Batee Iliek yang baru diresmikan beberapa tahun lalu oleh Abu Mudi Samalanga. Tgk. Tarmizi ini adalah alumin dari Dayah Mudi Mesra Samalanga, dan sekarang pun beliau masih aktif mendidik dewan guru di dayah Mudi Mesra Samalanga.

4. Tgk. Elli Safridha Al Yusufi Lc. wakil direktur dayah Madinatud Diniyah Babussa'adah. Beliau juga menjadi salah dosen di STAI Tapaktuan.

5. Tgk. Ismail Al Yusufi, sekarang menjadi tenaga pengajar di dayah Terpadu di Subulussalam.

Kita memohon pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala semoga Abu dan keluarga diberi umur yang panjang dan dalam sehat selalu...

Aamiin Ya Rabbal'alamiin...



Referensi; IKABAS (Ikatan Alumni Babussa'adah)

No comments:
Write komentar